Akademik
Diposting tanggal: 07 Februari 2012

REGISTRASI DAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

1. Registrasi (Ulang) Mahasiswa
Registrasi (ulang) mahasiswa merupakan kegiatan administrasi yang wajib dilakukan para mahasiswa untuk memperoleh status terdaftar sebagai mahasiswa STPI untuk tahun akademik yang akan berjalan pada setiap awal tahun akademik dengan melakukan pendaftaran administrasi sbb:

1. Melakukan pendaftaran (ulang) dengan mengisi Formulir yang ditentukan untuk mendapatkan kartu mahasiswa. Kartu mahasiswa akan diperbaharui setiap 2 (dua) tahun sekali.
2. Mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran ulang dianggap sebagai mahasiswa tidak aktif dan tidak diperkenankan melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) sebagai syarat untuk dapat mengikuti kuliah mata kuliah bersangkutan (kegiatan akademik). Jangka waktu mahasiswa tidak aktif adalah selama 4 (empat) semester atau 2 (dua) tahun akademik dan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa STPI apabila jangka waktu tersebut dilampaui.
3. Memenuhi syarat-syarat kewajiban keuangan yang ditentukan oleh Pimpinan STPI.

2. Biaya Pendidikan
Mahasiswa harus membayar dan melunasi biaya pendidikan setiap semester dalam tahun akademik yang bersangkutan. Komponen biaya pendidikan adalah, sebagai berikut :

1. SPP (dilunasi pada awal pendidikan).
2. BPP - Pokok (setiap semester).
3. BPP - SKS (setiap semester).
4. Biaya Registrasi Ulang (dilunasi pada awal tahun akademik).
5. DKM (dilunasi pada setiap awal tahun akademik).
6. Biaya Jacket (dilunasi pada awal pendidikan di STPI).

SISTEM PENDIDIKAN

1. Sistem pendidikan di Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (STPI) adalah dengan memakai sistem kredit semester, dengan penjelasan-penjelasan sebagai berikut :

1. Sistem Kredit
Sistem Kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan yang dinyatakan dalam kredit.
2. Semester
Semester adalah suatu satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam jenjang pendidikan. Satu semester setara dengan minimal 15 - 18 minggu perkuliahan, yang terdiri dari minimal 15 kali tatap muka dengan dua kali ujian yaitu UTS dan UAS.
3. Satuan Kredit Semester
Satuan Kredit Semester (SKS) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program tertentu, serta besarnya usaha untuk menyelenggarakan pendidikan bagi perguruan tinggi dan khususnya bagi tenaga pengajar. Misalnya mata kuliah Pengantar Perpajakan 3 sks, Bahasa Inggris 2 sks.

2. Tujuan

1. Tujuan umum penerapan Sistem Kredit Semester di perguruan tinggi di Indonesia adalah agar perguruan tinggi dapat menguraikan mata kuliah yang memenuhi tuntutan pembangunan, dengan penyajian program pendidikan yang bervariasi dan fleksibel. Sistem kredit semester tersebut juga memberi kemungkinan lebih luas kepada mahasiswa untuk memilih program profesi yang diminati.
2. Secara khusus tujuan penerapan sistem kredit semester adalah untuk :
1. Memberi kesempatan kepada para mahasiswa yang mampu memikul beban studi dan giat belajar, dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
2. Memberikan kesempatan kepada para mahasiswa agar dapat mengambil mata kuliah yang sesuai dengan minat, dan bakatnya.
3. Mempermudah penyesuaian kurikulum dari waktu ke waktu dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini.
4. Memberi kemungkinan agar sistem evaluasi kemajuan belajar mahasiswa dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya.
5. Memungkinkan pengalihan (transfer) kredit antar jurusan dalam Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (STPI).
6. Memungkinkan perpindahan mahasiswa dari perguruan tinggi lain ke Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (STPI).
7. Ciri – ciri dasar sistem kredit semester adalah sebagai berikut :
* Tiap-tiap mata kuliah diberi harga yang dinamakan sks.
* Jumlah sks untuk semua mata kuliah yang berlainan tidak perlu sama.
* Banyaknya nilai kredit untuk masing-masing mata kuliah ditentukan atas besarnya upaya yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas - tugas yang berkenaan dengan mata kuliah yang bersangkutan.

3. Ketentuan Umum Tentang Perkuliahan

1. Program Pendidikan Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia meliputi:
Pemilihan jurusan dilakukan pada waktu mendaftar, namun penentuan jurusan tergantung pada nilai ujian saringan dan ketentuan mengenai pendidikan di STPI.
2. Jumlah mata kuliah yang disetujui untuk diambil pada setiap semester didasarkan pada Indeks Prestasi dari semester sebelumnya (IPS) dengan ketentuan sebagai berikut :
No.

IP pada Semester
sebelumnya
(IPS)

Beban Studi yang boleh
diambil pada semester
berikutnya maksimal
1
> 3.00
24 sks
2
> 2.50 < 3.00
21 sks
3
> 2.00 < 2.50
18 sks
4
> 1.50 < 2.00
15 sks
5
< 1.50
12 sks
3. Setiap awal semester mahasiswa wajib mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) dengan bimbingan dan persetujuan Penasehat Akademik (PA) masing-masing.
4. Perkuliahan akademik akan berlangsung sebagai berikut :
* Semester Ganjil mulai bulan September sampai dengan bulan Pebruari.
* Semester Genap mulai bulan Maret sampai dengan bulan Agustus.
* Semester Pendek (SP) bulan Juli - Agustus